For...Next

Ditulis Oleh: Dedy E Hutauruk | 03.04 | | 0 komentar »

Untuk melaksanakan kode secara berulang, maka kita menggunakan suatu struktur pengulangan.Perintah For...Next dipakai untuk pengulangan yang berulang-kali. Perintah For...Next menggunakan variabel counter yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan sebuah nilai selama perintah berjalan.

Pola:
For Counter = [nilai awal] To [nilai akhir]
[statement]
Next[counter]

Contoh aplikasinya:
Sub Test1()
For i = 1 To 10
Cells( i , 1) = i
Next i
End Sub
Sekarang coba jalankan Macro Test1, hasilnya akan seperti gambar berikut:

i adalalah variabel counter dari 1 sampai 10. Perintah Cells(i , 1) akan mengirim nilai ke kolom pertama (kolom A) dan baris i (dalam hal ini baris 1 sampai 10). Jika Cells(i , 1) diganti dengan Cells(i , 2) maka perintah akan mengirim nilai ke kolom kedua (Kolom B) dan baris 1 sampai 10 dengan nilai yang meningkat. Apakah perintah ini hanya terbatas tiap 1 baris saja?? Ternyata tidak. Perintah For...Next bisa kita gunakan dengan mengatur berapa step pengulangannya. Bagimana caranya??Pertama kita lihat dulu polanya:

Pola:
For Counter = [nilai awal] To [nilai akhir] Step [jumlah step]
[statement]
Next[counter]
Contoh aplikasinya:
Sub Test2()
For i = 1 To 10 Step 2
Cells (i , 1) = i
Next i
End Sub

Perintah For i = 1 To 10 step 2 akan mengirim nilai dengan lompatan 2 yang dimulai dari 1.Maka hasilnya adalah 1,3,5,7,9. Contoh lain dengan menggunakan Step ini adalah sbb:

Contoh aplikasinya:
Sub Test3()
For i = 10 To 1 Step -2
Cells (i , 1) = i
Next i
End Sub
Maka hasilnya akan muncul 2,4,6,8,10
Silahkan berlatih lebih banyak lagi untuk lebih memahami ulasan kali ini. Anda tinggal mencoba mengganti-ganti angka pada contoh kode diatas.
Kurang jelas atau ada pendapat lain?. Anda dapat berkomentar (Gratis koq)


0 komentar